Membuat File Project Netbeans Dan Mengkoneksikan Dengan MYSQL

2:28:00 PM
MEMBUAT FILE PROJECT NETBEANS DAN MENGKONEKSIKAN DENGAN MYSQL

Membuat File Project Netbeans dan mengkoneksikannya dengan MYSQL - Halo Sobat helmyntest jumpa lagi nih kita dalam MEMBUAT APLIKASI PENJUALAN BARANG DENGAN JAVA NETBEANS DAN MYSQL , sebelumnya gw mau ngucapin selamat hari raya idul adha 1436 H. langsung aja ya sob setelah kemaren gw posting mengenai membuat aplikasi penjualan dengan netbeans dan mysql,yang bekum kelar, Sekarang gw mau lanjutin ke tahap berikutnya  dari PART I yaitu membuat file projectnya dan mengkoneksikannya dengan mysql. Langsung aja sob cekbirot!

Untuk membuat file project netbeans dan menghubungkan dengan mysql Pertamakali kita harus sudah menginstall peralatan perang yang dibutuhkan sebelumnya yaitu Netbeans dan Xampp atau yang lainnya untuk membuat databasenya.

Langkah berikutnya yaitu membuat project baru dengan cara :

1.   Bukalah  editor  Netbeans,  lalu  buat  project  beru  melalui  menu  File  –>  New  Project,  sehingga           muncul sebuah jendela New Project.

2.   Pada  kolom  Categories  pilih  Java.  Selanjutnya  pada  kolom  projects  pilih  Java  Application,         kemudian tekan tombol Next untuk melanjutkan.


membuat file project netbeans dan mengkoneksikan dengan mysql

3.    Isilah  Project  Name  (sebagai  nama  proyek),  Project  Location  (folder  atau  lokasi program),            Application  Class  (nama  file  atau  kelas),  dan  nama  kelas  utama  seperti berikut ini.

membuat file project netbeans dan mengkoneksikan dengan mysql

Dari  gambar  di  atas,  perhatikan  isian  Application  Class  yang  terisi  otomatis  ketika  anda memberikan  nilai  pada  nama  Project  name:  “AplikasiPenjualan”.  Netbeans  secara  default menyiapkan paket bernama AplikasiPenjualan dan kelas utama Main.java. Berarti kita membuat kelas AplikasiPenjualan berada dalam paket AplikasiPenjualan.

4.   Pada kolom Choose Application Shell pilih Basic Application, anda bisa menyesuaikan foldernya             dengan computer anda.

5.    Jika sudah, klik tombol Finish

membuat file project netbeans dan mengkoneksikan dengan mysql
Tampilan Pertama Project Baru 

Setelah project baru sudah selesai selanjutnya kita membuat koneksi kedalam databasenya. Berikut langkah-langkahnya: 

 Pertama,  Kita tambahkan library MYSQL JDBC Driver dengan cara klik kanan pada folder libraries  –> Add                         Library.. kemudian cari MYSQL JDBC Driver –> Add Library.

membuat file project netbeans dan mengkoneksikan dengan mysql

 Kedua,   Pindah ke tab Services –>Klik kanan pada MYSQL Server –> Connect.  

membuat file project netbeans dan mengkoneksikan dengan mysql

Kemudian akan muncul database-database yang kita punya sob lalu klik kanan pada dbretail –> Connect –> username=root dan password biarkan kosong –> Ok.

 Ketiga,   Kita telah selesai menyambungkan mysql dengan netbeans.


Disini untuk kodingan membuat koneksi mdatabase kedalam aplikasinya gw tidak menggunakan class connection tetapi gw menggunakan function untuk membuat koneksi databasenya disetiap Form tapi ini optional. Jika sobat lebih prefer menggunakan class untuk membuat koneksi database itu sah-sah saja sob dan itu sangat bisa.

Oke sobat helmyntest untuk membuat file project dan mengkoneksikannya dengan mysql sudah selesai,
untuk langkah sebelumnya bisa cek disini membuat aplikasi penjualan dengan netbeans dan mysql dan  untuk langkah selanjutnya yaitu membuat form aplikasi penjualannya gw akan lanjut dilain kesempatan. Kalau ada yang ingin ditanyakan bisa dicoret-coret di komentar dan untuk sobat yang udah meluangkan waktu untuk membaca postingan blog gw ini gw ucapin terimakasih. Sekiranya sekian dulu sob sekali lagi selamat hari raya idul adha 1436 H sob selamat bersate-satean dan olahan daging lainnya. Sampai jumpa sobat helmyntest.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »